slider

Navigation

MEMBUAT DECOMPOSER SENDIRI


MEMBUAT DECOMPOSER SENDIRI
Mmembuat Dekomposer ini sebenatnya sangat mudah dan gak terlalu sulit. 
Sebab Kita sering menemui di pasaran banyak sekali jenis bahan yang ditambahkan ke dalam proses pembuatan kompos untuk mempercepat proses penguraian bahan organik yang disebut juga dengan biodekomposer. Di pasaran kita mengenal produk seperti EM4 atau lainnya.


Kita bisa membuat bio dekomposer ini dengan bahan yang ada dilingkungan kita, bahan ini banyak dan mudah diperoleh diseluruh pelosok Indonesia.

Bahan dan alat yang dibutuhkan :
Tanah perkaran bambu dan daun bambu yang sudah jatuh, diambil sebanyak 1 ember.
Nasi yang telah matang, dibuat gumpalan sebesar bola pingpong, 5 buah.
Gula Merah 1 kg dilarutkan.
Air bekas cucian beras 5 liter.
Galon/derigen 5 L
Kertas dan karet gelang.

Cara membuat :
Tanah perakaran bambu dan daun bambu kering diletakkan dalam ember, diisi tanah 15 cm dan daun 3 cm. Lalu nasi yang telah digumpal sebesar bola pingpong diletakkan di atas daun yang dalam ember tadi. Biarkan selama ± 10 hari sampai nasi telah berwarna orange dan sedikit abu-abu, itu pertanda mikroorganisme yang ada pada tanah dan daun bambu tersebut telah diisolasi pada media nasi.

Gula merah yang telah dilarutkan dan ditambah dengan air bekas cucian beras dimasukkan ke dalam derigen. Lalu bungkahan nasi yang telah mengandung mikroorganisme tadi diaduk ke dalam larutan gula dan air bekas cucian beras. Lalu larutan tersebut dalam derigen ditutup dengan kertas yang diikat karet gelang tersebut dibiarkan selama 21 hari (sampai mikroorganisme berkembang biak dengan aroma alkohol).

Cara penggunaan :
Bahan ini dilarutkan dengan air (1 : 10)
lalu disiramkan ke bahan organik yang akan digunakan sebagai bahan kompos.

untuk diketahui 
Hal ini dipelajari dari Nagrak Organic SRI Center (NOSC) Sukabumi – Indonesia. Dan telah dipraktekkan dalam banyak sekolah lapang CCR di Sampoiniet, Aceh – Indonesia.

Share
Banner

Rustadi 10

Penyuluh Perikanan Nusantara

Post A Comment:

0 comments: