slider

Navigation

Tujuan yang akan dicapai Dalam kegiatan

Tujuan dalam hal ini memuat pernyataan mengenai perubahan perilaku dan kondisi pelaku utama dan pelaku usaha yang hendak dicapai dengan cara menggali dan mengembangkan potensi yang tersedia pada dirinya, keluarga dan lingkungannya untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan merespon peluang. Tujuan pada programa penyuluhan sebagaimana menggambarkan perubahan perilaku dan kondisipelaku utama dan/atau pelaku usaha yang hendak dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan dimaksud adalah:
1) tujuan umum yaitu tujuan yang pencapaiannya dapat lebih dari satu tahun;
2) tujuan khusus yaitu tujuanyang pencapaiannya dalam jangka waktu satu tahun. 19 Prinsip yang digunakan dalam merumuskan tujuan yaitu:

SMART: Specific (khas); Measurable (dapat diukur); Actionary (dapat dikerjakan/dilakukan); Realistic (realistis); dan Time Frame (memiliki batasan waktu untuk mencapai tujuan).

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan tujuan adalah: ABCD: Audience (khalayak sasaran); Behaviour (perubahan perilaku yang dikehendaki); Condition (kondisi yang akan dicapai); dan Degree (derajat kondisi yang akan dicapai)
<


Cukup dulu yah, lihatlah


Share
Banner

Rustadi 10

Penyuluh Perikanan Nusantara

Post A Comment:

0 comments: