slider

Navigation

MAKNA DIBALIK SEBUAH NAMA PADA BATU AKIK ATAU BATU MULIA


Akhir akhir ini penggemar Batu permata atau Batu akik memang semakin Banyak dan kian hari memang semakin Bertambah jumlahnya hali ini disebabkan karena perkembangan globalisasi yang semakin marak dan kian semakin banyak diketahui manfaatnya terutama pemakai maupun mereka yang memang usaha mata pencahariannya dari hasil kerajinan batu akik dan para pencari di alam. Batu  Akik atau juga batu permata terlihat menarik bahkan dengan melihat batu permata tidak hanya cantik sebagai perhiasan,
tetapi juga punya banyak kisah dan khasiat dibalik kemilaunya, untuk kecantikan, kesehatan, kualitas kepribadian dan mulusnya pekerjaan. Berkembangnya penggemar atau mereka yang hobby di batu akik ini dimulai dari tingkat anak sekolah dasar SD remaja bahkan sampai kepada orang tua. Bukan hanya itu saja para wanita atau perempuan juga sangat suka bahkan yang lebih hebat lagi kini sudah banyak para wanita memakai batu akik dengan ukuran yang sangat besar seperti kaum lelaki. Melihat hal seperti ini memang tidak aneh ataupun heran karena begitulah tradisi perlembangan zaman yang mau tidak mau harus terjadi. Apaboleh buat yang jelas lebih banyak manfaatnya daripada mudhoratnya.

Pada kesempatan ini saya perkenalan kepada anda beberapa jenis batu akik atau batu mulia yang sangat dikenal oleh masyarakat dan banyak sekali penggemarnya sehingga memiliki harga jual yang lumayan. Untuk lebih jelasnya akan saya uraikan sedikit satu persatu nama nama batu dan kandungan maknanya menurut para ahli dan yang menggemarinya.

ZAMRUD
Zamrud (Emerald atau Smaragdus)batu berwarna hijau cantik ini mempunyai ciri khas alami berupa retakan dan serat-serat yang mudah sekali patah,harganya selangit,1 karat saja sebesar 10.000 dollar AS. Orang memburunya karena dilambangkan sebagai penyeimbang kasih sayang, kesehatan, kecantikan, kegembiraan dan pemikiran yang tegas, untuk kesehatan dapat melegakan badan dan pikiran yang tertekan,menyeimbangkan emosi, menstabilkan tekanan darah, mengatasi kulit berminyak dan jerawat, hepatitis dan penawar racun binatang berbisa serta menciptakan rasa aman dan nyaman.

SAFIR
Safir 5 kali lebih kuat dari gelas, kandungan iron,titanium dan chromium membuatnya berwarna biru, kuning, pink, ungu,oranye dan kehijauan. Menurut astrologi safir biru merupakan perwujudan dari planet saturnus, sedangkan safir kuning dari planet Jupiter. Batu yang banyak terdapat di Madagaskar ini mempunyai iri khas pada setiap jenisnya, dapat berubah warna bila terkena cahaya, cocok untuk semua profesi, perdagangan, dan kewirausahaan, memiliki aura positif untuk mengembangkan daya piker, menumbuhkan inspirasi, membangun optimisme,harapan baru serta rasa tettram dan damai.


TURQUOISE
Turquoise (clour of distance atau communicative blue) adalah batu biru kehitaman ,dari biru langit, biru kehijauan sampai kuning kehijauan, bobotnya ringan karena bukan 100% batu melainkan campuran antara tanah, kapur dan batu. Masyarakat Aztec dan Mesir memanfaatkannya untuk penghias Masjid dan Istana,sedangkan untuk Masyarakat barat untuk menandai kelahiran pada bulan desember. Aksesori Turquoise butuh perawatan khusus karena sangat sensitive terhadap parfum,kosmetik,body lotion dan pembersih perhiasan. cara membersihkannya cukup dengan menggunakan sabun lembut dan disimpan di tempat tersendiri. Khasiatnya memberikan rasa damai, relaks dan tenang, melancarkan peredaran darah, menguatkan jantung, mengusir sakit kepala dan insomnia,  bagus diberikan untuk anak hiperaktif.

RUBY
Ruby berasal dari bahasa latin Ruber yang berarti merah harganya setara dengan safir,berlian dan zamrud. Di China dan India Ruby dijadikan ornamen penghias senjata, sarung pedang sampai pakaian kuda, diyakini dapat membawa keselamatan dan keberuntungan jika ditanam di antara fondasi gedungcocok untuk kelahiran pada bulan juli efeknya meningkatkan kualitas kesehatan jantung dan paru-paru, mengoptimalkan stamina, melancarkan peredaran darah dan membantu penyerapan zat besi dan oksigen.

Hanya sampai disini dulu yang dapat saya sampaikan lain kali kalau sempat saya sambung lagi yah..
Terima kasih atas kunjungannya semoga yang sedikit ini juga dapat bermanfaat
Salam untuk anda semua dan tetap sukses
Share
Banner

Rustadi 10

Penyuluh Perikanan Nusantara

Post A Comment:

0 comments: